Tips-tips untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah

Tips-tips untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah

Untuk siswa-siswi SMK Sejahtera ataupun murid bapak di SD, Bapak ingin memberikan beberapa tips untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah, dimana uji kemampuan anda dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas dari bapak/ibu guru disekolah.

Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisimu, yang mempengaruhi dalam melakukan ujian.

Delapan tips untuk membantu kalian dalam mengerjakan ujian yang bapak rangkum dari berbagai sumber :

• Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.

Bawalah semua alat tulis yang Anda butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

• Tenang dan percaya diri.

Ingatkan dirimu bahwa sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik dan jangan terprovokasi dengan yang lain terlebih bila teman kita sudah selesai terlebih dahulu.

• Bersantailah tapi waspada.

Duduklah pada kursi yang telah ditentukan, bersantailah buatlah dirimu serileks mungkin. Pertahankan posisi duduk tegak. (tidak boleh tengok sana-sini ya?)

• Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)

Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal (itupun kalau boleh diperkenan kan corat-coret soal tapi bila tidak anda harus menyiapkan kertas buram untuk mencatat apa-apa yang belum anda ingat). Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika Anda membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai alternatif jawaban.

• Jawab soal-soal ujian secara strategis.

Nah ini yang paling penting agar Anda tidak membuang-buah waktu dengan percuma, mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang Anda ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi.

• Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.

Wah main tebak-tabakn nih, mula-mula, abaikan jawaban yang Anda tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ad
a pilihan jawaban yang dapat Anda abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika Anda tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila Anda yakin akan koreksi yang Anda lakukan.

• Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Ini penting sekali agar Anda tidak banyak menghapus atau menipex hasil pekerjaan, usahakan jangan langsung ditulis kecuali bila anda sudah hafal dengan jawabannya.

• Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.

Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah Anda menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa Anda telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

Selamat mencoba dan belajar sebelum waktu ujian tiba.

3 pemikiran pada “Tips-tips untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah

  1. Halo salam kenal juga yah…

  2. Mungkin kalau dulu saya dapet tips ini bisa lebih sering ranking🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s