Apakah Anda Guru Penentu Masa depan?

foto ibu Muslima.

Imam Ghozali memandang bahwa pekerjaan sebagai guru lebih mulia dibanding lainnya. Untuk itulah beliau memberikan kriteria bagi seorang guru. Guru bukan pekerjaan pelarian. Guru bukan pekerjaan asal mau. Guru yang diserahi tugas mengajar secara umum memiliki kriteria yang cerdas, sehat akal, memiliki akhlak yang baik, dan kuat fisiknya.

Selain sifat-sifat secara umum, Imam Ghozali memberikan sifat-sifat guru ideal, sebagaimana yang ditulis Dr. H. Abuddin Nata, MA dalam bukunya, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Sifat sifat tertentu sebagai berikut:

  1. Seorang guru harus memiliki kasih sayang. Sifat ini sangat penting karena bisa menimbulkan rasa percaya diri dan rasa tentram pada diri murid terhadap gurunya.
  2. Kedua, seorang guru tidak terlalu banyak menuntut upah. Seorang guru menyadari tempat ia bekerja. Yakini bahwa kebaikan yang kita lakukan senantiasa akan berbalas dengan kebaikan pula.
  3. Seorang guru harus membangun komunikasi yang harmonis sesama rekan kerja. Guru tidak boleh tenggelam dalam persaingan, perselisihan, dan pertengkaran sesama.
  4. Seorang guru menggunakan pendekatan ramah guru ramah dengan anak, penuh simpatik, tidak menggunakan kekerasan, cacian kepada anak.
  5. Seorang guru harus bisa memberikan teladan yang baik didepan muridnya. Seorang guru juga harus bisa bersikap toleransi dan mau menghargai orang lain.
  6. Seorang guru harus memiliki prinsip mengakui adanya perbedaan potensial dan kecerdasan yang dimiliki murid secara individual, dan memperlakukannya sesuai dengan tingkat perbedaan yang dimiliki muridnya tersebut.
  7. Sesorang guru memahami bakat, tabiat, dan kejiwaan muridnya sesuai dengan tingkat perbedaan usianya.
  8. Seorang guru harus menjadi model, apa yang diucapkan harus bisa sesuai dengan perbuatannya.

Semoga kita bisa menjadi guru penentu masa depan anak, menjadi guru bukanlah sesuatu profesi yang membanggakan karena tidak bisa memberikan jaminan kesejahteraan tetapi guru hanya memiliki jiwa dan ketulusan dalam membangun anak bangsa. Gurulah yang menjalankan amanah untuk mengisi otak manusia. Guru berada digaris paling depan dalam membangun sebuah bangsa.


Satu pemikiran pada “Apakah Anda Guru Penentu Masa depan?

  1. Benar, Pak. Kadang kita sebagai guru lebih fokus pada tunjangan saja. Mengenyampingkan kewajiban yang seharusnya dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s