STANDAR PENILAIAN Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013

kerja keras

kerja keras

STANDAR PENILAIAN
Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013

PENGERTIAN

kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik

Standar Penilaian

  • Penilaian berbasis kompetensi
  • Penilaian yang awalnya melalui tes, bergeser melalui penilaian otentik (mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap melalui proses dan hasil)
  • Fokus pada PAK
  • Penilaian bukan hanya pada level KD, tetapi juga pada KI dan SKL
  • Portofolio digunakan sebagai instrumen penting penilaian

Ruang Lingkup Penilaian

  • Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan
  • Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/kompetensi program, dan proses.

Teknik dan Instumen Sikap

OBSERVASI penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, menggunakan pedoman observasi PEDOMAN OBSERVASI
PENILAIAN DIRI penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi LEMBAR PENILAIAN DIRI
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi LEMBAR PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
JURNAL catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan

kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.

Teknik dan Instumen Pengetahuan

TEKNIK INSTRUMEN
TES TULIS INSTRUMEN TES TULIS
TES LISAN INSTRUMEN TES LISAN
PEMBERIAN TUGAS INSTRUMEN   PEMBERIAN TUGAS

Teknik dan Instumen Keterampilan

TEKNIK KETERANGAN
TES PRAKTIK/UNJUK KERJA penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi
PROYEK / TUGAS-TUGAS BELAJAR tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi

kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu

PORTOFOLIO penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu

3 pemikiran pada “STANDAR PENILAIAN Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013

  1. bapa saya udah ngepos 25

  2. udah 15 post pa🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s