Pengenalan Edmodo (Simulasi Digital)

Memahami Kelas Maya – Pengenalan Edmodo

Pengenalan Edmodo

Pengenalan Edmodo

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu

  • menyebutkan fitur-fitur Social Learning Networks (SLNs),
  • menjelaskan Edmodo sebagai Social Learning Networks (SLNs),
  • menjelaskan Edmodo
  1. Uraian Materi
  1. Edmodo sebagai Social Learning Network (SLN)

Edmodo adalah salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks (SLNs) yang beredar di dunia world wide web.

Berikut beberapa contoh SLN:

  1. Einztein (www.einztein.com) merupakan SLN yang ditujukan bagi pembelajar dewasa (pendidikan tinggi) dan pembelajar seumur hidup,
  2. Sophia (www.sophia.org) merupakan SLN yang menyediakan ribuan tutorial akademik yang diajarkan oleh guru dengan berbagai model instruksional, dan dapat diikuti oleh pembelajar dengan berbagai model belajar.
  3. RemixLearning (www.remixlearning.com) yang juga didukung oleh The Bill & Melinda Gates Foundation menyediakan sebuah SLN yang dapat diatur sesuai selera oleh sekolah, perpustakaan, museum, dan institusi lainnya yang membutuhkan.
  4. Schoology (www.schoology.com) merupakan LMS yang dilengkapi dengan SLNs.

Edmodo adalah sebuah media untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Edmodo menggabungkan sebagian fitur dari Learning Management System (LMS) dan sebagian fitur dari Jejaring Sosial (Social Network), menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan, kemudian lebih dikenal dengan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Networks). Edmodo diciptakan oleh Jeff O’Hara dan Nic Borg pada tahun 2008. Jeff O’Hara adalah seorang administrator jaringan bagi Community Unit School District 200 di Wheator, Illnois, sedangkan Nic adalah pengembang web bagi Kaneland Community Unit School District 302 di Maple Park, Illinois, USA. Ide pengembangan Edmodo berasal dari DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014

kepopuleran Facebook, yang ditambah dengan sebuah fitur untuk menjamin keamanan interaksi dan kolaborasi antara siswa dan guru. Oleh karena semakin besarnya kebutuhan akan media pembelajaran daring, Edmodo kemudian berkembang menjadi salah satu media/platform dalam pendidikan dasar dan menengah (K1-K12) yang digunakan oleh lebih dari 29 juta pengguna di dunia.

 

  1. Perbedaan Edmodo dengan Jejaring Sosial – Facebook
Tabel II.2 Perbedaan Edmodo dan Facebook No Fitur Edmodo Facebook (FB)
1. Siswa membangun jaringan pembelajaran pribadi Siswa tidak dapat membangun jaringan pembelajaran pribadi. Keanggotaan Edmodo terbatas di ruang kelas yang ditentukan oleh guru. FB memungkinkan “siapa saja” untuk membuat jaringan pertemanan maupun jaringan pembelajaran sendiri dengan mereka yang mempunyai semangat atau minat serupa.
2. Guru membangun jaringan pembelajaran pribadi Guru membuat kelas, kemudian membagikan kode kelas kepada para siswa yang akan digunakan sebagai password untuk masuk kelas. Hanya mereka yang terdaftar yang dapat saling berbagi sumber belajar (resources). FB adalah tempat terbuka bagi guru atau siapa saja untuk membuat jejaring pembelajaran pribadi menggunakan kelompok (group) atau halaman. Pencarian dapat dilakukan dengan mengetik kata kunci yang diminati pada search.

Sebagai SLNs, Edmodo memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan Jejaring Sosial – Facebook. Perbandingan Edmodo dengan Facebook dapat dilihat pada tabel berikut.

No Fitur Edmodo Facebook (FB)
3. Pengguna dibatasi minimal berumur 13 tahun Edmodo tidak memerlukan informasi tersebut karena siswa di bawah pengawasan seorang guru FB mengumpulkan informasi pribadi para peserta / siswa.
4. Akses dari sekolah Situs Edmodo dapat diakses dari sekolah. Kebanyakan situs seperti FB diblokir oleh sekolah.
5. Iklan Edmodo memiliki model pendanaan dari sumber lain. FB didanai oleh iklan.
6. Tidak berbayar (free) Ya, semua fitur pada platform tersebut bebas digunakan / tidak berbayar
7. Kelompok tertutup dimoderasi Ya, semua platform memungkinkan pembuatan kelompok tertutup dan dimoderasi.
8. Kelompok terbuka dimoderasi Bukan, Edmodo adalah kelompok tertutup. Hanya yang terdaftar, yang dapat menjadi peserta. Edmodo dimoderasi oleh guru. FB adalah kelompok yang terbuka, tanpa dimoderasi, dan memberi kemungkinan kepada siapa saja untuk menemukan kelompok dan bergabung dalam FB
9. Pesan pribadi antarsiswa (chatting) Edmodo tidak memungkinkan pengiriman pesan antarsiswa (chatting) Pengguna FB dapat mengatur profil pribadinya untuk menerima atau tidak menerima pesan pribadi.
10. Agenda dalam bentuk planner atau kalender Ada, tetapi tidak memiliki fitur RSVP *) Ada, dilengkapi dengan fitur RSVP*)
11. Hubungan Global Anda hanya dapat terkoneksi dengan kawan-kawan di kelas maupun kelas lain yang Anda dapat terkoneksi secara bebas kepada kawan-kawan yang Anda

Satu pemikiran pada “Pengenalan Edmodo (Simulasi Digital)

  1. pak ini wordpress saya nabilah rianti XII AP II

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s