Mengidentifikasi Karakter Anak Didik

Pengertian Identifikasi adalah kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi dari “kebutuhan” lapangan. Secara intensitas kebutuhan dapat dikategorikan (dua) macam yakni kebutuhan terasa yang sifatnya mendesak dan kebutuhan terduga yang sifatnya tidak mendesak.

Karakteristik adalah mengacu kepada karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah di perhatikan (Nanda, 2013). Selain itu, menurut Caragih (2013) karakteristik merupakan ciri atau karateristik yang secara alamiah melekat pada diri seseorang yang meliputi umur, jenis kelamin, ras/suku, pengetahuan, agama/ kepercayaan dan sebagainya.

Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

Pengertian-pengertian diatas yang memberikan penyeimpitan makna dari judul agar tulisan saya ini tidak melebar kemana-mana, maklum baru bisa nulis. Keseharian yang dilakukan bertemu siswa yang memiliki karakter yang berbeda-beda, baik dari usia, latar belakang ekonomi hingga sikap dan tingkah laku.

ada sedikit curhatan saya yang ingin saya sampaikan dalam tulisan saya ini. Setiap anak didik memiliki kemapuan sendiri-sendiri, bagi kemampuan dalam kecerdasan, Kreatifitas, hobby dan lain-lain. apa yang saya alami dalam pembentukan karakter di anak didik saya. terus terang dalam melaksanakan kegiatan ada saya anak yang membuat saya pribadi, menyeritkan dahi, atau tersenyum sendiri. atau juga yang membuat kita naik pitam. untungnya saya selalu memandang meraka adalah anak saya yang harus saya didik dan saya sayangi.

lanjut lagi ya nanti, … P_20161108_085254.jpg

 

Tinggalkan Balasan

