Tingkat I


Menjalankan Microsoft Excel

  1. Mengaktifkan Microsoft Excel

Memulai Microsoft Excel sama dengan memulai aplikasi windows yang lain.

  1. Klik tombol start
  2. Pilih Program atau All Program bila komputer yang digunakan sistem operasi windows Xp
  3. Klik Microsoft Excel
  4. Kemudian jendela Microsoft Excel akan ditampilkan dilayar monitor

 

  1. Pengenalan Area kerja Microsoft Excel

Area kerja Microsoft Excel terdiri atas:

  1. Bar judul

Bar judul berfungsi untuk menampilkan nama file buku kerja yang sedang dibuka. Apabila buku kerja yang sedang dibuka belum pernah disimpan, maka secara default, buku kerja tersebut diberi nama Book1, book2 dan seterusnya.

 

  1. Kontrol jendela

Kontrol jendela berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Excel. Kontrol jendela ada 3, yaitu:

1)      Tombol Minimaze            : mengecilkan jendela Microsoft Excel yang disimpan pada taksbar

2)      Tobol Restore                    : mengecilkan atau memperbesar tampilan jendela

3)      Tombol close                     : menutup jendela Excel .

 

Gambar

  1. Bar menu

Bar Menu

  1. Toolbar

Terdiri atas:

1)      Toolbar Standard

Keterangan :

a)      New, membuat dokumen baru

b)      Open, membuka dokumen yang sudah ada

c)       Save, menyimpan dokumen

d)      E-mail, mengirim e-mail

e)      Search, mencari kata

f)       Print, mencetak dokumen

g)      Print Preview, melihat hasil cetakan dari layar

h)      Spelling and Grammar, memeriksa ejaan dan tata bahasa

i)        Cut, menyimpan teks/objek terpilih ke clipboard (untuk memindah teks/objek)

j)        Copy, memperbanyak teks/objek

k)      Paste, menampilkan isi clipboard

l)        Format Painter, mengcopy format

m)    Undo, membatalkan perintah

n)      Redo, membatalkan undo

  • o)      Insert Hyperlink, membatalkan hyperlink

p)      Autosum, untuk menjumlah data

q)      Sort Ascending, untuk mengurutkan data secara berurutan dari A ke Z

r)       Sort Descending, untuk mengurutkan data secara berurutan dari Z ke A

s)       Chart Wizard, membuat grafik

t)       Drawing, menampilkan/menyembunyikan toolbars drawing

u)      Zoom, mengatur ukuran layar.

v)      Microsoft Excel Help, pilihan Help.

2)      Toolbar Formatting

Keterangan:

a)      Font, memilih jenis huruf

b)      Font Size, memilih ukuran huruf

c)       Bold, cetak huruf tebal

d)      Italic, cetak huruf miring

e)      Underline, cetak huruf yang ada garis bawah

f)       Align left, mengatur tek rata kiri

g)      Center, mengatur teks rata tengah

h)      Align right, mengatur teks rata kanan

i)        Merge and center, mengatur teks tengah dari range

j)        Currency center, mengatur mata uang

k)      Percent style, mengatur persentase data

l)        Comma style, mengatur desimal data

m)    Increase decimal, mengurangi desimal dari data

n)      Decrease decimal, menambah desimal dari data

  • o)      Decrease, menggeser teks yang dipilih ke kiri satu tab

p)      Increase, menggeser teks yang dipilih ke kanan satu tab

q)      Border, memilih garis bingkai

r)       Higtligth, memberi higlight pada teks terpilih

Font color, memilih warna huruf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s